STIKes MP

STIKes Muhammadiyah Palembang merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi Muhammadiyah di Sumatera Selatan.  Cikal bakal STIKes Muhammadiyah Palembang adalah Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Muhammadiyah Palembang yang didirikan pada tahun 1984, kemudian didirikan juga Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) tahun 1994 dan Akademi Fisioterapi (AKFIS) tahun 1995 serta pada tahun 1995 juga SPK dikonversi menjadi Akademi Keperawatan.

Dalam perkembangannya, akhirnya pada tahun 2006 Akademi Kesehatan (AKPER, AKL, AKFIS) Muhammadiyah Palembang bergabung menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Palembang yang disahkan dalam SK Mendiknas 214/D/O/2006 tanggal 08 September 2006 dengan penambahan Program Studi Ilmu Keperawatan dan Program Studi D III Kebidanan.  Selanjutnya pada tahun 2010 STIKes Muhammadiyah Palembang memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan Program  Profesi Ners.  Sehingga sampai dengan sekarang STIKes Muhammadiyah Palembang memiliki 6 (enam)  Program Studi yang telah terakreditasi BAN PT yaitu :

1.  Program Studi Ilmu Keperawatan

2.  Program Studi DIII Keperawatan

3.  Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan

4.  Program Studi DIII Fisioterapi

5.  Program Studi DIII Kebidanan

6.  Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis / Analis Kesehatan

STIKes Muhammadiyah Palembang memiliki Visi dan Misi sebagai berikut :

Visi :

Menjadi Perguruan Tinggi Kesehatan yang Islami, Berkemajuan dan Berdaya Saing.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkemajuan dan berkualitas melalui pencapaian kompetensi profesional dan islami secara nasional dan internasional.
  2. Menyelenggarakan tata kelola dan manajemen organisasi yang profesional dan islami dengan mengedepankan akuntabilitas dan transparansi serta mutu pelayanan.
  3. Mengembangkan kontribusi dan kompetensi civitas akademika dalam penelitian, pengabdian masyarakat dan penerapan nilai-nilai islami.
  4. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
  5. Mengembangkan kemitraan dengan organisasi/institusi dalam lingkup nasional dan internasional.

Tujuan pendidikan STIKes Muhammadiyah Palembang adalah:

  1. Sistem pembelajaran berbasis kompetensi dan nilai-nilai islami dengan penerapan SPICE (Student Centered Problem Base Learning, Integreted Approach, Community Based, Erly Clinical Exposure, Systematic)
  2. Penggunaan ICT dalam tata kelola dan proses pembelajaran.
  3. Peningkatan kemampuan riset, publikasi dan pengabdian masyarakat.
  4. Kemitraan dalam penerapan Catur Dharma Perguruan Tinggi
  5. Optimalisasi pencitraan STIKes Muhammadiyah.